Personalia
Kaprodi: Prof. Dr. Suratno, M.Si
Kepala
Laboratorium:
1) Laboratorium Biologi:
Sulifah Apriliyani SPd, MPd.
2) Laboratorium Sumber Belajar Biologi: Drs.
Wachju Subchan, MS., PhD.
3) Sub Laboratorium Zoologi:
Drs. Joko Waluyo, M.Si.
4) Sub Laboratorium Botani:
Dra. Pujiastuti, M.Si.
Sejarah Prodi Pendidikan Biologi
Program studii (Prodi) Pendidikan
Biologi berdiri berdasarkan SK pendirian PS No.44 t DIKTI/ Kept 1984 tertanggal 18 Juli
1984 merupakan lembaga pendidikan yang mempersiapkan dan mencetak colon guru
biologi profesional dan berkualitas, menguasai bidang biologi dan kependidikan,
terampil di bidang teknologi informasi (TI) serta mampu bersaing di pasar
bebas.
Tahun 1984 hingga tahun 1997 penyelenggaraan kuliah dan praktikum
Prodi Pendidikan Biologi diselenggarakan di gedung I FKIP di jalan
Kalimantan III Jember dengan daya tampung rata-rata 50 mahasiswa per angkatan.
Mulai tahun 1998 penyelenggaraan kuliah dipindahkan ke gedung biologi, gedung
III FKIP UNEJ.
Proses rekruitmen mahasiswa prodi
Pendidikan Biologi dilakukan melalui jalur seleksi masuk perguruan tinggi dan jalur
seleksi bakat dan minat. Sejak tahun 2006 proses rekruitmen disamping
kedua jalur tersebut juga disediakan jenis jalur seleksi Iokal bagi program non
reguler.
Hingga tahun 2008, prodi Pendidikan
Biologi telah meluluskan sejumlah 870 alumni yang tersebar di seluruh
Indonesia, dengan mayoritas profesi utama sebagai pendidik berbagai jenjang
pendidikan baik tingkat dasar, menengah, atas dan perguruan tinggi.
Berbagai jenis program hibah kompetisi
Dikti yang diraih Prodi Pendidikan Biologi yaitu Semi-Que tahun 2003-2005, Hibah
Kemitraan 2005, 2006, dan 2007 serta program SP-4 (Jurusan PMIPA). Hibah kompetisi tersebut telah meningkatkan
kualitas akademik secara signifikan di Iingkungan Prodi Pendidikan Biologi.
Peningkatan kualitas prodi meliputi pembenahan kurikulum, fasilitas
pembelajaran berbasis TI, kemampuan dosen dalam mengembangan perencanaan dan media
pembelajaran, peningkatan ketersediaan referensi yang dimiliki prodi,
pengembangan pembelajaran biologi bilingual (bahasa Inggris - Indonesia),
microteaching biologi berbahasa Inggris, praktek mengajar biologi berbahasa
Inggris di Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI), peningkatan penelitian bidang
kependidikan biologi, tersedianya jumal yang dikelola prodi (BIOEDUKASI) yang
diperuntukkan bagi semua kalangan guru, dosen atau para peneliti sebagai sarana
komunikasi ilmiah di bidang biologi dan kependidikannya. Disamping itu prodi
pendidikan biologi juga aktif kerjasama dan memberikan layanan kepada
stakeholder khususnya sekolah dalam penelitian kependidikan dan pengembangan
model-model
pembelajaran biologi bilingual di Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI).
Visi, Misi
dan Tujuan Prodi
Visi
Mewujudkan
masyarakat berkualitas berwawasan iingkungan mampu mengembangkan ilmu
pengetahuan teknologi dan seni serta iman dan taqwa dengan menguasai bidang
biologi bercitrakan kependidikan.
Misi
- Menyelenggarakan dan mengembangkan
pendidikan yang profesional serta penelitian pengabdian masyarakat yang
berkualitas dan berkelanjutan
- Membina, meningkatkan dan
mengembangkan system menejemen teknologi pembelajaran yang berorientasi
pada kualitas dan profesionalisme
- Membina dan mengembangkan
kerjasama dengan lembaga lain di dalam dan di luar negeri
Tujuan
Mencetak
sarjana pendidikan biologi yang profesional dalam proses pembelajaran, berbudi
pekerti luhur dan mampu memecahkan masalah secara kritis serta rasional seiring
dengan perkembangan IPTEKS
Sasaran
- Menguasai teori dan ketrampilan
ilmu pendidikan biologi
- Menguasai unjuk kerja dalam bidang
keguruan bagi colon guru biologi
- Memiliki sikap, nilai, kebiasaan
dan kecenderungan terhadap kepribadian yang menunjang pelaksanaan tugas
sebagai tenaga pendidik bidang biologi
Spesifikasi Kompetensi Lulusan Program Studi Pend. Biologi
Kompetensi
Utama
Mempunyai
pengetahuan dan ketrampilan bidang biologi sehingga dapat mengikuti dan
memahami perkembangan biologi baik secara keilmuan maupun aplikasinya dalam
bentuk teknologi selanjutnya
diadaptasikan dalam bentuk pendidikan dan pembelajaran di sekolah jenjang SMP,
SMA dan yang sederajad.
Kompetensi
Pendukung
- Terampil dalam merancang.
mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi program pembelajaran biologi
berbasis teknologi informasi
- Berwawasan dan bersikap
profesional sesuai bidang tugasnya serta mempunyai kepedulian tinggi
terhadap masalah pendidikan biologi
- Berwawasan dan berpengetahuan luas
bidang biologi dan pembelajarannya yang mernungkinkan dapat melakukan
komunikasi ilmiah dan bersikap ilmiah dalam mengembangkan ilmu biologi dan
pembelajarannya
Kompetensi
lain
Mampu menyelenggarakan penelitian dan
menganalisis hasil penelitian bidang biologi dan bidang pembelajaran biologi
KONDISI SUMBERDAYA DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRODI PEND. BIOLOGI
Sarana dan Prasarana
Program Studii
Pendidikan Biologi menyediakan ruang kuliah yang nyaman, laboratorium Biologi,
Sublab Zoologi, Sublab Botani, Laboratorium Sumber Belajar Biologi,
Perpustakaan, Laboratorium Lapangan, Kebun Percobaan, arena diskusi mahasiswa,
Internet, green
house dan musholla.
Kuliah
dilengkapi fasilitas laboratorium biologi, dengan sub laboratorium botani dan
sub laboratorium zoologi dengan tingkat frekwensi pemakaian yang sangat padat
karena tidak hanya melayani kegiatan praktikum seluruh matakuliah, tetapi juga
berbagai kegiatan penelitian mahasiswa, dosen dan Iayanan dari pihak Iuar prodi
Pendidikan Biologi baik dari internal UNEJ maupun dari luar UNEJ.
Prasarana
tersebut didukung dengan sarana pembelajaran multimedia dan E-learning serta jaringan
Internet yang dapat diakses sewaktu-waktu. Laboratorium Sumber Belajar Biologi
(LSBB) juga menyediakan CD pembelajaran mutakhir yang menunjang perkuliahan dan
koleksi buku-buku text berbahasa Inggris keluaran terbaru yang dapat
dimanfaatkan oleh mahasiswa secara cuma-cuma. Pembelajaran di kelas sebagian
besar sudah menggunakan LCD.
Kualifikasi
Staf Pengajar
Tenaga pengajar di program studii
pendidikan Biologi memiliki kualifikasi cukup baik dengan dosen berkualifikasi
Doktor dari Universitas dalam dan Iuar negeri (25,0%), magister (37,5%), dan
sarjana (37,5%)
Kualifikasi dosen terus menunjukkan
perkembangan yang sangat positip yang ditandai sebagian dosen sedang melanjutan
studii, yaitu sebanyak 2 orang sedang menempuh program doktor, 2 orang sedang
menempuh program magister. Prodi pendidikan biologi mendorong setiap dosen
untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya hingga jenjang tertinggi sehingga
diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kualitas akademik
internal.
Dosen pendidikan biologi memiliki
produktivitas penelitian yang cukup baik, yang ditunjukkan oleh aktifnya dosen
dalam penelitian biologi dan
kependidikan baik dalam penelitian kompetitif, penelitian kerjasama dengan
pemerintah daerah dan intansi terkait maupun penelifian mandiri. Penelitian
dosen kompetitif yang telah dilakukan dosen
prodi pendidikan biologi meliputi penelitian dasar (litdas), Riset dan Teknologi
(Ristek), penelitian kependidikan baik classroom action research (CAR)
maupun research for improving instructional (RII) yang digulirkan oleh
dirjen dikti. Beberapa Staf prodi pendidikan biologi juga aktif terlibat
dalam penelitian pengembangan kependidikan di beberapa kabupaten, baik Jember,
Situbondo, Banyuwangi dan Pasuruan.
Pembelajaran
Bilingual dan Hasilnya
Pelaksanaan
pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan menggunakan pembelajaran bilingual pada sebagian besar matakuliah. Pembelajaran bilingual dilaksanakan secara proporsi gradual, yaitu pada
semester awal diberikan dengan porsi yang
sedikit (hingga 25%) dengan tujuan agar mahasiswa dapat menyesuaikan diri. Secara berangsur
pada semester berikutnya proporsi pembelajaran berbahasa Inggris ditingkatkan.
Dosen diberikan kewenangan untuk mengembangkan pembelajaran bilingual.
Pembelajaran bilingual di prodi pendidikan biologi telah menghasilkan produk yang menggembirakan, yaitu tahun 2007 sudah menghasilkan 20 colon guru (40%) yang mampu mengajar dengan duo bahasa (Inggris dan Indonesia) yang diproyeksikan mengisi kebutuhan guru baru di Sekolah Bertaraf Internasional.
Pembelajaran bilingual di prodi pendidikan biologi telah menghasilkan produk yang menggembirakan, yaitu tahun 2007 sudah menghasilkan 20 colon guru (40%) yang mampu mengajar dengan duo bahasa (Inggris dan Indonesia) yang diproyeksikan mengisi kebutuhan guru baru di Sekolah Bertaraf Internasional.
Beasiswa
Terbuka
kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa dari institusi negeri
maupun swasta dari dalam dan luar negeri diantaranya PPA, BPM, Supersemar, BTP
(Bantuan Tabun Pertama), BSM
(Bantuan Studii Mahasiswa), PT Djarum, Marubeni, Lovin, Beasiswa Jepang, BI, dan lain-lain.
Lulusan
Lulusan program
studii Pendidikan Biologi mendapatkan ijazah Sarjana Pendidikan (SPd) dan
sekargus sertifikat mengajar akta IV, bagi lulusan akan terbuka lebar
kesempatan untuk :
1)
Berprofesi sebagai tenaga pengajar di Depdiknas sebagai guru SMP/SMA/SMK maupun
DEPAG guru MTs/ MA.
2) Konsultan pendidikan IPA
dan profesi sejenis lainnya.
3)
Staf pada beberapa departemen yang relevan (deptan, Departemen Kelautan dan
Perikanan, BKSDA, dan departemen lainnya), ataupun instansi swasta.
4)
Berkesempatan melanjutkan ke jenjang S2 bidang kependidikan maupun non
kependidikan Universitas dalam negeri maupun luar negeri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar